Penggunaan laboratorium bahasa Multimedia di Sekolah Menengah

Published on by maxki

Penggunaan laboratorium bahasa Multimedia di Sekolah Menengah
Penggunaan laboratorium bahasa Multimedia di Sekolah Menengah

Penggunaan laboratorium bahasa Multimedia di Sekolah Menengah


Pengertian Laboratorium

Menurut Direktorat Pendidikan Menengah Umum dalam Wira Bahari Nurdin (2005), dijelaskan bahwa

laboratorium bahasa adalah tempat melakukan percobaan dan penyelidikan.

Tempat ini merupakan suatu ruangan tertutup, kamar, atau ruangan terbuka , misalnya kebun. Dalam pengertian yang terbatas laboratorium bahasa ialah suatu ruangan yang tertutup tempat untuk melakukan percobaan dan penyelidikan. Selain itu Widyarti (2005) memberikan pengertian yang lain tentang laboratorium bahasa sebagai berikut:

laboratorium bahasa adalah suatu ruangan tempat melakukan kegiatan praktek atau penelitian yang ditunjang oleh adanya seperangkat alat-alat laboratorium bahasa serta danya infrastruktur laboratorium bahasa yang lengkap.

Dari beberapa pendapat diatas dapat diasumsikan bahwa laboratorium bahasaadalah tempat untuk melakukan percobaan dan penelitian yang berada didalam ruangan tertutup maupun terbuka yang dilengkapi alat alat laboratorium bahasayang lengkap.

Manfaat Penggunaan laboratorium bahasa Multimedia di Sekolah

Dengan hadirnya teknologi yang baru dirasakan banyak membantu dan membawa perubahan kearah yang berkualitas terutama pada proses pembelajaran. Guru di Sekolah Menengah dengan adanya multimedia merasa teratasi kesulitan mengajar dan meningkatkan prestasi antara lain:

1. Menjadi lebih jelas dalam menyampaikan materi sehingga materi lebih mudah diterima dan dipahami oleh siswa, dan menjadikan prestasi meningkat

2. Menarik dan tidak membosankan siswa dan lebih efektif

3. Membantu mengatasi keterbatasan waktu apabila materi itu banyak atau di lingkungan sekitar tidak ada

4. Mampu mengatasi untuk tidak mendatangkan obyek yang tidak mungkin didatangkan.( seperti materi : pasar modal)

5. Mendekatkan dengan dunia nyata

6. Memudahkan penilaian.

7. Menjadi sumber belajar atau Perpustakaan bagi siswa sehingga perstasi belajar siswa meningkat.

Penggunaan laboratorium bahasa Multimedia salah satunya yang digunakan di SMA Negeri 3 Madiun ada dua jenis yaitu multi media interaktif dan multimedia linier.

Yang dimaksud dengan multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol oleh pengguna sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki sesuai dengan kehendak pengguna,

Sedang yang dimaksud dengan multimedia linier adalah multimedia yang tidak dilengkapi oleh pengontrol apapun, contoh multimedia interaktif adalah dengan pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran, sedang multimedia linier dengan TV maupun melihat film.

To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post